Membangun Mini Sistem dengan Buildroot

Salah satu dari beberapa pilihan system builder di dunia embedded Linux adalah buildroot. [twitter style=”horizontal” float=”right”]

Seperti yang dibahas pada artikel sebelumnya, buildroot memberikan pilihan kepada penggunanya untuk mengonfigurasi sebuah system dengan kernel versi tertentu, C library, hingga aplikasi sesuai dengan keinginan/kebutuhan.

Kali ini kita akan mencoba belajar membuat sebuah mini system dengan buildroot kemudian mengemulasi image outputnya dengan Qemu. Perlu diketahui, buildroot merupakan sebuah alat yang dapat membentuk sebuah system utuh yang terdiri dari kernel, library, aplikasi CLI, hingga grafis (SDL, FB, Qt, dll)

Langkah pertama: unduh buildroot dari http://buildroot.uclibc.org/downloads/

Saya sendiri menggunakan versi buildroot-2011.02 di mana ketika tulisan ini disusun merupakan versi stable terbaru. Kemudian ekstrak:

[bash]tar xjvf buildroot-2011.02.tar.bz2[/bash]

Langkah kedua: Kita akan bangun sebuah sistem yang nantinya akan dijalankan di atas Qemu dengan emulasi processor ARM Versatile *)

[bash] make qemu_arm_versatile_defconfig[/bash]

Perintah di atas akan mengonfigurasi sistem untuk arm versatile. Kali ini kita hanya akan mengikuti default config untuk sistem tersebut tanpa mengubahnya.

Langkah ketiga:

[bash] make[/bash]

Perintah ini akan mengeksekusi beberapa perintah untuk membangun sistem dalam waktu cukup lama tergantung dari kecepatan CPU dan kecepatan internet untuk engunduh kode sumber paket-paket yang dibutuhkan. Pertama-tama buildroot akan mengunduh source yang dibutuhkan oleh sistem, membuatan toolchain, membangun C library, membuat staging directory, membangun library yang dibutuhkan, kemudian membangun aplikasi-aplikasi yang telah dipilih sewaktu proses konfigurasi. Setelah proses kompilasi tersebut selesai, akan dihasilkan output image di direktori output/images/ yang berisi kernel image dan root filesystem.

Langkah keempat:
Setelah proses kompilasi selesai, kita coba hasil dari kompilasi dengan perintah berikut:

[bash]qemu-system-arm -M versatilepb -kernel output/images/zImage -append ‘console=tty1,115200 root=/dev/sda’ -net nic -net user -hda output/images/rootfs.ext2[/bash]

*) ARM Versatile adalah salah satu dari beberapa varian CPU ARM. Jenis CPU ini sering digunakan sebagai referensi baik untuk pengembangan perangkat keras berbasis ARM.  http://www.arm.com/products/tools/development-boards/versatile/index.php

Pos ini dipublikasikan di Embedded, Linux, System Builder, Tutorial. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Membangun Mini Sistem dengan Buildroot

  1. Ping balik: BuildRoot dan Real Hardware | Embedid

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s